Senin, 22 November 2010

beberapa hewan yang terancam punah

Republic of Cesar

Hewan-hewan Langka yang Terancam Punah

Serigala Ethiopia
Serigala Ethiopia (Canis simensis) merupakan serigala asli Afrika yang tersebar terutama di wilayah Afro-alpine Ethiopia dengan ketinggian 10.000 kaki di atas permukaan laut. Serigala Ethiopia merupakan spesies dari genus Canid yang paling mendekati kepunahan setelah hanya ditemukan tujuh populasi serigala ini dengan jumlah 550 ekor serigala Ethiopia dewasa. Populasi terbesar ditemukan di Pegunungan Bale, barat daya Ethiopia. Serigala Ethiopia merupakan keturunan dari serigala abu-abu. Serigala Ethiopia merupakan karnivora dan menduduki puncak tertinggi dalam piramida ekosistem di habitatnya.

Muriqui Utara
Muriqui utara (Brachyteles hypoxanthus) adalah primata endemik yang dapat ditemukan di sisa-sisa hutan sepanjang pantai Atlantik di Brazil. Warna bulu pada tubuh mereka kuning atau coklat dengan berat rata-rata 15 kg. Muriqui adalah hewan herbivora yang memakan daun, buah, ataupun bunga. Muriqui hidup berkelompok dengan 8-43 anggota per kelompok. Hewan ini terancam punah akibat perburuan, penangkapan liar, dan hutan yang semakin gundul akibat aktivitas manusia.

Paus Sikat Atlantik Utara
Paus Sikat Atlantik Utara adalah paus balin, salah satu dari tiga spesies yang sebelumnya diklasifikasikan sebagai Paus Sikat yang masuk kedalam genus Eubalaena. Karakteristik paus balin ini adalah memiliki tulang penyaring “balin” untuk menyaring makanan dari air daripada disebut sebagai gigi. Balin membedakan mereka dari subordo cetacean lainnya yaitu paus bergigi atau Odontoceti. Paus balin dapat mencapai massa 190.000 kilogram dengan panjang mencapai 33.5 meter. Sejak abad ke-20, hewan ini banyak ditangkap untuk diambil minyak dan balinnya. Paus balin terancam mengalami kepunahan dan jumlahnya saat ini hanya sekitar 300 ekor.

Oryx Arab
Oryx Arab (Oryx leucoryx) adalah antelope berukuran menengah dengan berat 65-75 kg. Hewan ini diyakini mempunyai habitat di sekitar wadi dengan vegetasi berupa pohon, rumput, dan semak belukar. Hewan herbivora ini memakan rumput, buah, dan pucuk daun serta dapat bertahan selama beberapa minggu tanpa air. Oryx Arab hidup nomaden dengan mengikuti wilayah yang terkena hujan. Hewan ini biasanya hidup berkelompok dengan 8-20 ekor tiap kelompok. Pada tahun 1970, hewan ini hanya ditemukan di sekitar tenggara padang pasir Rub’ al Khali di Jasirah Arab. Menurut perhitungan pada tahun 2003, hanya terdapat 886 oryx di Jasirah Arab.

Kelinci Riverinne
Kelinci Riverinne merupakan spesies kelinci yang ditemukan di sepanjang sungai musiman di gurun Karoo, Afrika Selatan. Kelinci dengan berat sekitar 1.9 kg ini merupakan hewan herbivora yang memakan daun dan bunga, serta rumput di musim hujan. Kelinci ini mendekati kepunahan karena konversi habitat kelinci ini menjadi kawasan agrikultur. Kelinci ini hanya terlihat beberapa kali dari tahun 1902 hingga 1948 dan tidak terlihat lagi hingga tahun 1979.

Serigala Merah
Serigala merah (Canis rufus) adalah serigala yang hidup di Amerika Utara yang tersebar di wilayah tenggara Amerika Serikat. Habitat aslinya berada di sekitar daerah Texas dan Florida. Saintis menyatakan bahwa populasi hewan karnivora ini jauh berkurang akibat perburuan liar dan mendekati kepunahan. Serigala merah masih berasal dari satu keturunan dengan serigala abu-abu, serigala timur, dan coyote yang terdapat di wilayah Amerika Utara dan menyebar hingga ke Eurasia sampai pada sekitar 150000 hingga 300000 tahun yang lalu spesies ini berkembang. Serigala merah memiliki bulu berwarna coklat kekuningan atau coklat kemerahan dengan warna yang agak menghitam pada punggungnya dan putih di sekitar mulut dan lehernya. Bulunya akan meranggas setiap kali memasuki musim dingin. Serigala merah mencapai usia reproduktif pada usia 22 bulan. Musim kawin serigala merah antara Februari dan Maret dengan periode kandungan sekitar dua bulan. Bayi serigala merah biasa lahir pada Maret dan April dengan setiap kelahiran terdapat 1-10 bayi serigala.

Tamaraw
Tamaraw (Bubalus mindorensis) adalah hewan endemik yang dapat ditemukan di kepulauan Mindoro, Filipina. Mempunyai tubuh yang kuat dengan warna coklat kehitam-hitaman. Mempunyai tanduk mencapai 50 cm di kepalanya. Spesies ini dinyatakan dalam kondisi sangat kritis meningat jumlahnya yang semakin mendekati kepunahan. Pada tahun 1900, diperkirakan ada lebih dari 10000 tamaraw di Filipina. Namun tahun 2002 hanya 30-200 tamaraw yang dapat ditemukan. Kepunahan tamaraw disebabkan meluasnya lahan pertanian, perburuan, dan penyakit.

Harimau Iberia
Harimau Iberia (Lynx pardinus) merupakan habitat asli dari daerah Semenanjung Iberia, Eropa Selatan. Merupakan hewan karnivora yang berburu burung, reptil, kelelawar, dan amfibi sebagai makanannya. Panjang tubuhnya mencapai 1 meter dengan berat mencapai 13 kg-39 kg. Harimau Iberia merupakan hewan dari keluarga kucing yang paling mendekati kepunahan. Hal ini disebabkan habitatnya yang terganggu akibat aktifitas pembangunan, perburuan, dan bebe-rapa ditabrak mobil di tengah jalan. Pada tahun 2008 hanya terdapat 150 harimau Iberian di sekitar Andalusia. Menurun dari tahun 2000 yang jumlahnya mencapai 400 ekor.

Gajah Kalimantan
Gajah Kalimantan (Elephas maximus borneensis) adalah subspesies dari gajah Asia yang terdapat di Kalimantan Utara. Menurut penelitian, gajah Kalimantan terpisah dengan gajah dari subspesies lain saat jembatan darat yang menghubungkan Kalimantan dan kepulauan Sunda menghilan 18.000 tahun yang lalu atau di akhir zaman pleistosen. Spesies ini kini berstatus kritis akibat hilangnya sumber makanan, perusakan rute migrasi dan hilangnya habitat mereka. Dilaporkan pada tahun 2007 hanya terdapat sekitar 1.000 gajah.

Dugong
Dugong atau dikenal dengan nama latin Dugong dugon adalah mamalia laut dengan habitat utama di sekitar perairan Indo-Pasifik. Dugong merupakan pemakan lamun (sea grass) dengan tubuh berukuran panjang 3 meter dan berat sampai 400 kg. Dugong memiliki perkembangbiakan yang lamban dengan selang waktu 3-7 tahun untuk sekali kelahiran. Karena perkembangbiakannya yang lamban dan mudah diburu, dugong termasuk hean yang terancam punah.

Paus Beluga
Paus Beluga atau Paus Putih (Delphinapterus leucas) adalah salah satu dari 2 jenis paus keluarga Monodontidae, bersama dengan Narwhal. Mamalia ini dikenal sebagai Beluga atau kenari laut karena ciri khas dari lengkingan suaranya yang tinggi. Hewan ini dimasukkan dalam daftar hewan yang terancam punah oleh pemerintah federal Amerika karena jumlahnya yang semakin menyusut di sekitar Alaska dari 653 ekor pada 1994 menjadi 278 pada 2005.

1 komentar: